logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rumah Panggung Terbesar Dunia

Rumah Panggung Terbesar Dunia

Mengunjungi cagar budaya atau tempat-temapt bersejarah sangat rugi jika tidak dikunjungi saat bertraveling, wisata sejarah mempunyai daya tarik tersendiri bagi yang

Wisata Sejarah

Fahrurizki
Oleh Fahrurizki
22 Februari, 2015 16:56:20
Wisata Sejarah
Komentar: 2
Dibaca: 22693 Kali

Mengunjungi cagar budaya atau tempat-temapt bersejarah sangat rugi jika tidak dikunjungi saat bertraveling, wisata sejarah mempunyai daya tarik tersendiri bagi yang menyukainya selain menambah pengetahuan dan wawasan sejarah juga bisa mempelajari nilai kearifan leluhur. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saat mengunjungi Istana Dalam Loka di Sumbawa yang di bangun pada tahun 1885 oleh Sultan Sumbawa yang ke 16 Muhammad Jalaluddin Syah III.

Saat pertama kali melihat Istana Dalam Loka saya begitu takjub dengan alasan yang pertama kemegahan gaya arsitektur melayu dan timur, yang kedua besarnya, dan yang ketiga adalah nilai historynya, luas bangunan istana 940 M2.

Istana Dalam Loka terletak di tengah kota Sumbawa di Jalan Jendral Sudirman Sebelahan dengan Masjid Raya Sumbawa Nurul Huda atau sekitaran kampung pekat. Jam berkunjung di Istana Dalam Loka dibuka pada jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Saat masuk anda tidak dikenakan tarif hanya di dalam ada sebuah kotak yang dapat anda masukan uang seikhlasnya.

Berjalan di tangga Istana Dalam Loka membuat saya merinding bukan karena mistis atau takhayul tapi saya merasa terharu bisa bertamu di Istana tua yang bersejarah ini. Memasuki ruang utama lunyuk agung terpampang foto-foto tempo dulu para Sultan Sumbawa seperti foto Sultan Muhammad Kaharuddin III, ruang Lunyuk Agung ini berfungsi untuk menerima tamu dan untuk acara-acara adat.

Kemudian saya melanjutkan tour nebeng pada rombongan pelajar supaya bisa mendengarkan guidenya menjelaskan sejarah istana, kemudian saya memasuki Ruang Permaisuri tempat tidurnya istri Sultan di tengah sebelah barat lorong berdampingan dengan ruang Tumong Dayang tempat tidurnya para dayang Permaisuri.

 

Baca Juga :


Setelah itu saya beserta rombongan yang saya ikut nebeng menuju ruang Putra-putri Sultan di sebelah timur lorong yang bersebelahan semua, kemudian di sebelah utaranya terdapat ruang pengasuh istana bersebelahan dengan dapur.

selesai menjelajahi semua ruang di bawah kemudian saya naik ke lantai atas istana, ruangannya terbagi dua sebelah timur dan barat dan sungguh sangat luas sekali yang bisa untuk bermain futsal. Dari atas ini juga kita bisa melihat suasana kampung yang berada dekat istana dari balik jendela.

Lalu saya menanyakan nama dan fungsi ruang di lantai atas istana tersebut pada guide-nya untuk sebelah timurnya berfungsi untuk ruang bermain putra-putri sultan, sedangkan ruang sebelah barat bernama ruang Salaki Sultan. Berbagai filosofi tentang Istana Dalam Loka sangat berkaitan dengan Islam seperti tiang rumahnya yang berjumlah 99 tiang yang di ambil dari jumlah Asma`ul Husna (Nama-nama Allah) sebagai dasar pemerintahan. [] - 05



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. SMPN 3 KOPANG

    SMPN 3 KOPANG

    22 Februari, 2015

    mantap bang fahru, terus angkat peninggalan2 sejarah NTB biar dikenal masyarakat dunia. good luck


    1. Fahrurizki

      Fahrurizki

      23 Februari, 2015

      terima kasih SMPN 3 Kopang, memang itu tugas kita untuk mempromosikan warisan budaya dan sejarah kita (NTB)


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan