logoblog

Cari

Tutup Iklan

Wisata Lebaran Tinggi

Wisata Lebaran Tinggi

KM. Sukamulia – Siapa yang tidak kenal dengan Comunitas Masyarakat Adat Bayan yang tinggal di sekitaran Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara,

Wisata Sejarah

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
06 Juli, 2016 11:57:46
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 16844 Kali

KM. Sukamulia – Siapa yang tidak kenal dengan Comunitas Masyarakat Adat Bayan yang tinggal di sekitaran Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, khususnya yang berada di Desa Bayan dan Desa Karang Bajo. Bayan sangat terkenal dengan kekayaan wisata alam dan wisata religinya. Nah beberapa hari lagi, masyarakat Adat Bayan akan melaksanakan Prosesi Lebaran Tinggi (Lebaran Fitri). Jika anda penasaran dengan prosesi adat budaya masyarakat Bayan yang satu ini maka segera agendakan diri anda untuk datang dan menyaksikan prosesi tradisi Lebaran Tinggi itu.

Bagi masyarakat adat Bayan, Hari Raya Idul Fitri dan Hari raya Idul Adha dilaksanakan pada hari yang berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan hari raya pada umumnya. Misalnya pelaksanaan Idul Fitri yang dilaksanakan pada tanggal Satu sawal. Dalam tatanan budaya masyarakat adat Bayan, hari raya Idul Fitri tidak dilaksanakan pada tanggal Satu Syawal melainkan tiga hari setelah dilaksanakannya perayaan hari raya secara nasional.

Untuk tahun 2016 ini, masyarakat adat Bayan akan melaksanakan Shalat Idul Fitri pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2016. Masyarakat Bayan menyebut Idul Fitri dengan istilah Lebaran Tinggi. Prosesi pelaksanaannya juga sangat berbeda dengan pelaksanaan Idul Fitri seperti layaknya dilakukan oleh umat islam secara umum. Tempat pelaksanaan juga buka di masjid biasa, namun prosesi persiapan Lebaran Adat di laksanakan di Kampu Karang Bajo. Sedangkan acara puncaknya, yakni shalat Id (shalat hari raya) dilaksanakn di Masjid Kuno Bayan. Para pelaksananya juga buka seluruh masyarakat Bayan, melainkan hanya dilaksanakan oleh Kyai Adat saja. Pokoknya pelaksanaan Lebaran Tinggi ini sangat unik kawan.

Prosesi Lebaran Tinggi dilaksanakan selama 2 hari. Untuk tahun ini, hari pertama dilaksanakan persiapan pada hari Sabtu tangga 09 Juli 2016. Acara persiapan ini disebut dengan hari Kayu Aiq/hari. Acara puncaknya akan dilaksanakan pada hari kedua, yakni pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2016. Acara puncak ini disebut dengan istilah Gawe Lebaran.

Terkait dengan hal tersebut, Lembaga Adat Bayan membuat Paket wisata budaya Lebaran Tinggi. Paket wisata ini diprogramkan selama 3 (tiga) hari dan 2 (dua) malam.

 

Baca Juga :


  1. Pada hari Sabtu tanggal 09 Juli 2016 siang, Anda tiba di Sebaya Tanta Karang Bajo - Bayan. Setiba di Sebaya Tanta, anda akan dijamu dengan makan siang, disana anda akan diberikan informasi tentang ritual Lebaran Tinggi. Setelah makan siang anda akan dibawa ke lokasi penginapan Rumah Adat Bayan dan menyiapkan pakaian ganti (pakaian adat). Setelah itu anda langsung dibawa ke lokasi untuk melihat bagaimana acara Kayu Aiq (persiapan) yang dilakukan dalam acara Lebaran Tinggi. Acara persiapan ini akan berakhir sekitar pukul 22.00 Wita, sehingga anda akan diberi makan malam di lokasi. Setelah acara selesai di hari pertama, Anda bisa istirahat di Penginapan yang lokasi sangat dekat dengan tempat pelaksanaan ritual adatnya.
  2. Hari yang kedua, yaitu Minggu tanggal 10 Juli 2016, setelah sarapan anda akan dibawa kembali ke lokasi. Di lokasi anda akan menikmati snek selama dua kali, makan siang dan makam malam. Puncak acara Lebaran Tinggi ini biasanya akan berakhir sekitar pukul 22.30 wita, oleh sebab itu Anda akan dibawa kembali ke penginapan pada sekitar pukul 22.30 wita
  3. Pada hari Senin tangga 11 Juli 2016, setelah sarapan, Anda bisa meninggalkan lokasi atau melanjutkan agenda wisata yang telah anda susun.

Untuk paket wisata budaya Lebaran Tinggi (Idul Fitri Adat) tersebut, Lembaga Adat Bayan menarik Biaya sebesar Rp. 950.000,- (Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) Per-orang dengan akomodasi: 1) Air mineral selama dilokasi, 2) Penginapan (Rumah Adat Bayan), 3) Tiket masuk objek wisata, 4) Guide Local, 5) Dokumentasi, 6) Makan 6 kali (hari pertama 2 kali, hari kedua 3 kali, hari terakhir 1 kali), dan 7) Pakaian ganti (Baju Adat) untuk ikut ritual Lebaran Tinggi.

Nah, jika anda penarasaran dan merasa tertarik untuk mengikuti ritual adat tersebut maka anda bisa menghubungi saudara Renadi, S. Pd dengan contak person 081917901440 atau bisa juga menghubungi beliau lewat medsos Facebook dengan alamat Jets Budaya. Acara ini hanya dilaksanakan sekali dalam setahun, untuk itu sangat disayangkan jika anda melewatkannya. (Sumber: Jets Budaya/Renadi, S. Pd).

_By. Asri The Gila_ ($ -01



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan