logoblog

Cari

Jelajah Sejarah Bima Sambil Berwisata

Jelajah Sejarah Bima Sambil Berwisata

Sudah jenuh dengan pekerjaan semua rutinitas harian dan pekerjaan yang membebani pikiran anda? Berwisata adalah salahsatu jawaban atas semua kejenuhan yang

Wisata Sejarah

KM Samparaja
Oleh KM Samparaja
20 Juli, 2016 19:02:32
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 53153 Kali

Sudah jenuh dengan pekerjaan semua rutinitas harian dan pekerjaan yang membebani pikiran anda? Berwisata adalah salahsatu jawaban atas semua kejenuhan yang anda dapatkan dalam keseharian. Melakukan perjalanan, mendapatkan pengalaman baru, dokumentasi perjalanan yang bisa dikenang adalah hal-hal yang sangat menarik dari adanya sebuah perjalanan atau wisata. Jika kita jeli melihat sekitar banyak hal sebenarnya yang bisa di eksplorasi dan dikunjungi sebagai destinasi berwisata dan berlibur.

Jika anda melihat sejarah, maka Indonesia atau nusantara ini merupakan sebuah wilayah yang dipersatukan atas berbagai suku dan kerajaan yang sebelumnya berdiri terpisah dan berpulau-pulau. Oleh karena itu banyak sekali situs-situs peninggalan mereka yang sangat menarik jika kita kunjungi dan eksplorasi.

Berbicara mengenai situs kerajaan zaman dahulu mungkin kita mengenal adanya berbagai situs di Bima atau bangunan yang terbuat dari batu, biasanya digunakan untuk ritual-ritual keagamaan dari umat Hindu. Situs candi ini banyak sekali tersebar di wilayah selatan dan barat Bima, hal itu sangat wajar mengingat mayoritas kerajaan yang berdiri pada zaman dahulu di bumi Nusantara ini adalah pemeluk agama Hindu yang sangat kental, meskipun masih kuat terpengaruh budaya lokal animisme.

Dari beberapa yang ada, mungkin yang paling terkenal adalah Wadu Pa`a, yang pernah masuk dalam berbagai penelitian Arkeolog dan mendapakan predikat sebagai salahsatu situs warisan bersejarah di Indonesia. Wadu Pa`a terletak di desa Sowa, Soromandi di tepi barat teluk Bima, pada situs ini banyak cerita dan ukiran dari relief kuno dari agama Hindu. selain Wadu Pa`a kita juga mengenal Wadu Tunti yang menjadi daya tarik wisata di sekitar Bumi Pajo, Kecamatan Donggo.

Namun jika anda lebih jeli melihat potensi wisata, anda pasti akan mencoba mengunjungi sebuah benteng tua yang sangat menarik dan terletak tak jauh dari Wadu Pa`a, yakni Benteng Asakota. Benteng Asakota hanya berjarak sekitar 2 kilometer menuju arah selatan dari Wadu pa`a.

 

Baca Juga :


Pertama kali dipublish pada tahun 1931 oleh A.A Cense seorang antropolg asal Belanda, benteng ini memiliki keunikannya sendiri jika dibandingkan dengan tempat situs lainnya dan historial yang sangat menarik untuk diketahui. Dahulu benteng ini sebagai tempat pertahanan Kerajaan Bima dan juga sebagai dermaga tempat transaksi perdagangan dulunya, maka benteng ini bersifat multifungsi. Menurut Filolog asal Perancis yaitu Henry Chamber-Loir, benteng ini dibangun oleh Sultan Pertama yaitu Sultan Abdul Kahir pada tahun 1640.

Nah, itulah beberapa tempat situs sejarah yang bisa anda kunjungi untuk refrensi sekalian belajar sejarah tentang masa silam. Untuk menuju situs-situs tersebut sangat mudah, banyak berbagai refrensi di media online atau juga bisa menanyakan pada masyarakat lokal. Memakai mobil dan motor juga bisa dan selama perjalanan anda bakal disuguhkan pemandangan yang menakjubkan dari pegunungan Donggo dan teluk Bima. () -01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan