logoblog

Cari

Menjelajahi Indahnya Taman Narmada

Menjelajahi Indahnya Taman Narmada

Pulau Lombok bukan hanya memiliki destinasi wisata pantai dan gunung, melainkan juga memiliki destinasi wisata taman indah. Sebuah taman indah di

Wisata Sejarah

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
09 November, 2016 20:48:01
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 113223 Kali

Pulau Lombok bukan hanya memiliki destinasi wisata pantai dan gunung, melainkan juga memiliki destinasi wisata taman indah. Sebuah taman indah di Lombok yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Taman Narmada. Taman Narmada yang menjadi andalan Lombok Barat untuk memikat para wisatawan karena selain cantik dan menyejukkan, taman ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Propensi Nusa Tenggara Barat. Atau sekitar sepuluh kilo meter sebelah timur dari Kota Mataram.

Taman yang memiliki luas lahan sebanyak 2 (dua) hektar are ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem. Taman ini pun dibangun dengan menyerupai

miniatur gunung rinjani. Arsitek tamannya pun unik dan dan bernilai historis. Nuansa alam di taman ini terpancar seperti di taman danau segara anak, dan aliran air di kolam yang segar dari sumber mata air gunung rinjani. Selain itu, taman ini pun dibangun sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka(Oktober-November). Selain tempat upacara, dan juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

Upacara ritual Pekelan masih dilakukan penduduk asli Lombok yang beragama Hindu. Dalam ritual tersebut mereka melempar barang-barang untuk menghormati dewa penjaga Gunung Rinjani. Tapi bagi yang tidak mampu mendaki gunung, mereka biasanya menyambangi pura di Taman Narmada.

Taman ini sering juga disebut Istana Musim Panas Raja Anak Agung Gde Karangasem Bali atau Istana kedua setelah Mayura. Berlokasi di wilayah pemerintahan Kabupaten Lombok Barat, selain dijadikan sebagai replica Gunung Rinjani oleh Raja Anak Agung Gde Karangasem,

Taman Narmada juga terdapat Air Suci yang di percaya bisa membuat jadi awet muda. Menurut kepercayaan masyarakat setempat air suci tersebut merupakan pertemuan tiga titik mata air suci Pura Lingsar, Pura Suranadi dan Pura Narmada.