logoblog

Cari

Tutup Iklan

MAULID ADAT BELEQ DESA LENDANG NANGKA

MAULID ADAT BELEQ DESA LENDANG NANGKA

MAULID ADAT, BEGAWE BELEQ MASYARAKAT DESA LENDANG NANGKA KM. MASBAGIK. Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik. Maulid merupakan acara rutin yang dilakukan

Wisata Sejarah

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
12 Desember, 2016 04:44:55
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 15685 Kali

MAULID ADAT, BEGAWE BELEQ MASYARAKAT DESA LENDANG NANGKA

KM. MASBAGIK. Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik. Maulid merupakan acara rutin yang dilakukan oleh warga masyarakat di Pulau Lombok sebagai bentuk rasa takzim dan kecintaan terhadap baginda alam junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Setelah pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan acara maulid adat yang diadakan tidak pernah semeriah tahun ini. Terlebih lagi setelah Puri Dalem Selaparang diresmikan menjadi Rumah Peradaban, ketua panitia Maulid Adat mengadakan begawe beleq besar-besaran yang diikuti oleh semua tokoh adat dan agama yang ada di Pulau Lombok.

Acara maulid adat telah dipersiapkan sejak tanggal 8 Desember 2016 yang dimulai dengan acara penyucian benda-benda pusaka hingga acara puncak pada tanggal 11 Desember 2016. Rangkaian acara puncaknya terdiri dari pemberian makanan kepada para tamu undangan (menyatuq), pengambilan air di mata air Tojang Desa Lendang Nangka,  pencucian benda pusaka peninggalan Putra Mahkota Selaparang Raden Mas Panji Tilar Negara. Benda-benda peninggalan Raden Mas Panji yang di ukuf  tersebut berupa keris, tulang mangga purba, rambut Dende dan babad Lombok. Acara berlangsung mulai jam 14.30 WITA hingga pukul 22.30 WITA. Semoga dengan berlangsungnya acara ini, semakin menambah wawasan pengatahuan kita terhadap budaya leluhur yang agung ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap Nabi Muhammad SAW. Salam pergerakan dari kampung.

 

Baca Juga :


By_Andre D’Jails



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan