logoblog

Cari

Target Rekor Muri "Katente Ra Saremba Tembe" di FPT 2017

Target Rekor Muri

Perhelatan kegiatan Festival Pesona Tambora tahun 2017 yang terangkai dalam peringatan hari meletusnya gunung Tambora sekaligus memperingati Hari Lahirnya Kabupaten Dompu

Wisata Sejarah

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
13 Maret, 2017 09:02:10
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 29737 Kali

Perhelatan kegiatan Festival Pesona Tambora tahun 2017 yang terangkai dalam peringatan hari meletusnya gunung Tambora sekaligus memperingati Hari Lahirnya Kabupaten Dompu yang ke 203 tahun, akan dilounching di Kabupaten Dompu pada tanggal 1 April mendatang. Berbagai program kegiatan mulai dari kegiatan adat budaya, keagaman, olahraga, pesta rakyat hingga upacara di hari puncak telah disiapkan oleh Pemda Dompu. Dalam kategori kegiatan adat budaya, Katente Ra Saremba Tembe, ditargetkan oleh Pemda Dompu untuk mencetak rekor muri agar bisa mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada perhelatan FPT 2017 mendatang.

Pada kategori kegiatan yang sama, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur telah mencetak rekor muri dengan pakaian adat masyarakat sebanyak 5.800. Kabupaten Dompu akan mengalahkan Ngawi dengan target 12.000 pakaian adat. Untuk menyukseskan dan demi tercapainya kegiatan target ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dalam berbagai kesempatan telah mensosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat Dompu. Harapannya, agar masyarakat ikut terlibat dalam target mencetak rekor muri ini. Jika nanti target ini tercapai, maka Kabupaten Dompu akan memajang dua plat penghargaan dari MURI.

Karena sebelumnya, yaitu pada tahun 2015 dalam momentum Peringatan Hari Meletusnya Gunung Tambora yang ke 200 tahun, Kabupaten Dompu telah berhasil mencetak rekor muri dalam kategori pakaian adat Rimpu Tembe Nggoli. Untuk diketahui, Katente Tembe jika di diartikan dalam bahasa Indonesia adalah sarungan. Yang cara pakainya hanya seatas pusar, dimana diatas dilipat agar membentuk. Sementara Saremba, dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai salempangan dengan menggunakan bahan dalam bentuk sarung nggoli (sarung khas Dompu dan Bima).

 

Baca Juga :


Menurut berbagai sumber, Katente Ra Saremba Tembe merupakan pakaian adat keseharian masyarakat Kabupaten Dompu dari berbagai kalangan. Diketahui, pakaian adat ini digunakan masyarakat sejak jaman kesultanan dan jaman Kerajaan Dompu hingga sekarang. Namun oleh perkembangan jaman, pakaian ini jarang ditemukan ditengah masyarakat. Selain target untuk mencetak rekor muri, Kegiatan Katente Tembe Ra Saremba Tembe, bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap adat budaya (Kearifan lokal) yang dimiliki. Meskipun diterpa oleh arus budaya barat, kearifan lokal bisa tetap terjaga dan menjadi suatu kebanggaan. [] - 05



 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan