logoblog

Cari

'Bale Beleq' Sejarah Desa Pejanggik

'Bale Beleq' Sejarah Desa Pejanggik

Keberadaan kerajaan pejanggik saat ini amatlah sulit, karena sangat minimnya bukti-bukti sejarah tentang keberadaan kerajaan pejanggik. Saat ii yang menjadi rjukan

Wisata Sejarah

Firman Purnawirawan
Oleh Firman Purnawirawan
10 April, 2017 12:45:12
Wisata Sejarah
Komentar: 1
Dibaca: 78171 Kali

Keberadaan kerajaan pejanggik saat ini amatlah sulit, karena sangat minimnya bukti-bukti sejarah tentang keberadaan kerajaan pejanggik. Saat ii yang menjadi rjukan dalam mengungkapkan keberadaan kerajaan pejanggik adalah babat lombok dan babat selaparang. Dari berbagai sumber mencatat bahwa kerajaan pejanggik didirikan oleh Deneq Mas Putra Penengendengan Segare Katon bersama putrnya Deneq Mas Komala Dewa Sempopo dengan tahun yang belum diketahui pasti. Tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang sejarah kerajaan pejanggik melainkan Bale Beleq yang masih berdiri kokoh di desa pejanggik ini.

Bale Beleq merupakan bangunan sejak abad 15. Bangunan ini merupakan rumah raja sekaligus tempat ibadahnya. Diareal bengunan ini terdapat makam , berugak, sumber air bahkan dapur. Bale beleq ini masih dimanfaatkan warga sebagai tempat mengaji setiap malam rabu.

Dalam merancang bangunan tersebut tidaklah sembarangan orang yang menentukan, karena harus dilaksanakan dengan petunjuk gaib. Proses pembangunan Bale Beleq ini dilaksanakan secara bersama oleh masyarakat pejanggik maupun keluarga besar pejanggik yang berada diluar. Disamping itu juga masyarakat menginginkan pemerintah memerhatikan atau siapapun yang memiliki proses pembangunan Balq Beleq ini. karena jika Bale Beleq jika rampung bisa menarik perhatian para wisatawan domestik maupun manca negara.

Bale Beleq Pejanggik ini sekarang dijadikan sebagai tempat mengaji karena dirgukan keasliannya karena telah mengalami pemugaran. Akan tetapi sama saja seperti yang dulu masih asli. Masyarakat setempat beranggapan bahwa Bale Beleq ini merupakan rumah Datu Pejanggik dan pemeliharaan benda-benda bersejarah.

Saya pertama kali melihat Bale Beleq ini ketika saya berkunjung kerumah teman yang bernama zulkarnain. Bangunannya pun tidak jauh dari rumah zulkarnain. Pas saya melihat ke arah barat saya melihat bangunan tapi sudah lama. Akhirnya temanpun menceritakan tentang bangunan itu. Bale Beleq ini merupakan rumah datu dan tempat menyimpan benda-benda bersejarah. Setiap rabu masyarakat berbondong bondong untuk mengaji di sana,cerita zulkarnain”. Tapi yang menjadi heran kok datu pejanggik gak pernah dilihat. Karena rasa herannya saya akhirnya saya bertanya pada zulkarnain. “Datu Pejanggik tidak pernah dilihat orang, akan tetapi itu adalah kepercayaan kami yang bertempat tinggal di Bale Beleq itu, jawabannya Zulkarnain”.

 

Baca Juga :


Perjalanan saya menuju Desa Pejanggik Kec. Praya tengah dari Mataram melewati Kota Praya terus lurus ke timur ke arah Desa Mujur. Sekitar 20 km meninggalkan Praya kita menemukan pertigaan ke kanan memasuki Desa Pejanggik. Sekitar 2 km akan menemukan kantor Desa Pejanggik untuk mendapatkan info yang lebih jelas tentang lokasi beberapa situs-situs budaya yang ada di sana.

Semoga dengan adanya artikel ini, kita mendapatkan informasi penting tentang sejarah dan benda bersejarah di pulau lombok ini. dan langsung dibudayakan untuk lebih efisien dan baik lagi. Supaya wisatawan lokal maupun mancanegara ingin melihat sejarah dan benda bersejaah itu. [] - 05



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    11 April, 2017

    Boleh tau gak mas tentang bukti bale-bel itu dari abad 15 (menurut siapa)


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan