logoblog

Cari

Tutup Iklan

Paket Wisata Ritual Sampet Jumat

Paket Wisata Ritual Sampet Jumat

Paket Wisata Ritual Sampet Jumat,  26 Mei 2017 Sampet Jumat adalah prosesi adat yang dilaksanakan di Kampu Karang Bajo untuk menutup semua

Wisata Sejarah

Renadi
Oleh Renadi
18 April, 2017 22:29:21
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 6364 Kali

Sampet Jumat adalah prosesi adat yang dilaksanakan di Kampu Karang Bajo untuk menutup semua ritual adat selama bulan puasa, baik di dalam Kampu maupun di rumah-rumah masyarakat. Yang boleh dilakukan hanya ritual untuk padi, kelahiran, dan kematian. Ritual ini dilakukan pada hari jumat terakhir dibulan sya’ban menurut Wariga Sereat Adat Bayan (Kalender Masyarakat Adat Bayan). Tahun ini jatuh pada tanggal 26 Mei 2017.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan bagaimana prosesi ritual penyambutan datangnya bulan puasa (ramadhan) oleh Masyarakat Adat Bayan, maka silahkan datang ke Kampung Adat Karang Bajo, Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk itu Kami dari Kelompok Penelola Pariwisata Adat dan Budaya menyiapkan Paket Wisatanya yaitu Rp. 600.000,- (Enam Ratus Ribu Rupiah)/Orang.

Akomodasi

1. Air mineral Selama dilokasi

2. Penginapan (Rumah Adat Bayan)

3. Tiket masuk objek wisata

4. Guide Local

5. Dokumentasi

6. Makan 4 kali (hari pertama 1 kali, hari kedua 3 kali)

 

Baca Juga :


7. Pakaian ganti (Baju Adat) untuk ikut ritual Sampet Jumat

 

Program 1 Hari 1 Malam

  1. Pada hari pertama yaitu kamis, 25 Mei 2017, Anda tiba dilokasi Kampung Adat Karang Bajo atau secretariat Kami di Balai Pusaka Sebaya Tanta sekitar jam 17.00. Pada malam hari di jam 17.00 – 19.00 akan ada penjelasan Tentang kampung Adat dan juga sekilas Prosesi Ritual Adat Bayan sambil Anda Makan Malam. Setelah itu Anda bisa istirahat di Penginapan Rumah Adat Bayan.
  2. Pada hari yang kedua, Jumat, 26 Mei 2017, Anda Kami ajak langsung ke lokasi Ritual Adat Sampet Jumat yang jaraknya sekitar 300 Meter dari Penginapan. Prosesi ini selama satu hari penuh. Disela-sela Ritual kami juga akan mengajak Anda untuk mengunjungi Masjid Kuno Bayan yang di dirikan sekitar Abad 17 oleh Sunan Prapen, dan sekarang di Jadikan sebagai tempat Ritual Adat Bayan. Jarak dari lokasi ritual sekitar 200 Meter.

Pada sore hari sekitar jam 17.00 Anda bisa melanjutkan program yang lain, dan untuk menu makan malam bisa makan dilokasi sebelum melanjutkan perjalanan atau juga untuk dibungkus/nasi kotak. () -03

 

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan