Cari

Tutup Iklan

Wista Religi ke Gunung Pujut

Wista Religi ke Gunung Pujut

Pulau Lombok terkenal dengan julukan pulau seribu masjid. Dominan  penduduk pulau ini berkiprah ke ajaran agama islam. Hampir semua sudut-sudut kampung

Wisata Sejarah

Wista Religi ke Gunung Pujut

Wista Religi ke Gunung Pujut

Wista Religi ke Gunung Pujut

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
18 Juni, 2017 16:52:01
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 1946 Kali

Pulau Lombok terkenal dengan julukan pulau seribu masjid. Dominan  penduduk pulau ini berkiprah ke ajaran agama islam. Hampir semua sudut-sudut kampung di pulau ini memiliki sarana ibadah yakni masjid, musolla, atau surau. Olehnya, tak salah jika pulau ini menjadi destinasi wisata religi.

Salah satu destinasi wisata religi yang berupa masjid kuno di Pulau Lombok adalah Masjid tua yang terdapat di  Gunung Pujut. Masjid yang satu ini merupakan salah satu wujud sejarah dalam perkembangan islam di Pulau Lombok. Bangunan tua ini dibangun oleh Pangeran Sange Pati dari kerajaan Pujut, yaitu  pada tahun 1008 Masehi.

Masjid ini tampak unik karena posisinya berada di atas puncak bukit. Namun masyarakat sekitar menyebutnya gunung pujut. Lokasi masjid tua ini terdapat di desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Masjid tua ini berukuran 8,6 x 8,6 m.  Bentuk bangunan ini menggunakan pagar bambu dan atap ilalang. Terdapat empat tiang penyangga utama pada bangunan tua ini. Untuk memperkokoh bangunan ini, arsitektur lama dari bangunan ini melengkapi 28 tiang penyangga lainnya yang digunakan sebagai tempat untuk memasang dinding bambu.

Bagian dalam masjid ini terdapat sebuah bedug. Bedug ini berfungsi sebagai penanda waktu sholat bagi masyarakat sekitar. Selain itu, terdapat sebuah mimbar tua yang digunakan oleh khatib disaat melangsungkan khutbah.

Baca Juga :


Sayangnya, masjid kuno ini sudah tidak difungsikan lagi sebagai tempat  ibadah. Namun tetap terpelihara, bahkan menjadi tempat wisata religi.

Untuk menemukan masjid kuno ini, yaitu hanya butuh perjalanan sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Lombok. () -03

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

 

image
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan