logoblog

Cari

Tutup Iklan

Gasing, Permainan Prajurit Kerajaan Lombok Yang Terlupakan

Gasing, Permainan Prajurit Kerajaan Lombok Yang Terlupakan

Begasingan merupakan salah satu dari permainan yang mempunyai unsur seni dan olah raga, dan merupakan permainan yang tergolong cukup tua di

Wisata Sejarah

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
19 September, 2017 08:12:26
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 10225 Kali

Begasingan merupakan salah satu dari permainan yang mempunyai unsur seni dan olah raga, dan merupakan permainan yang tergolong cukup tua di masyarakat Sasak. Begasingan ini berasal dari dua suku kata yaitu Gang dan Sing yang artinya ; Gang adalah lokasi lahan/lorong, Sing artinya suara. Permainan ini biasanya dilaksanakan pada tempat atau lokasi yang kosong dimana saja bisa dilaksanakan atau diadakan tidak seperti permainan lain.

Pada masa lalu Gasing yang kita tahu terbuat dari kayu ini dan diukir oleh tangan tangan pekerja yang andal dan memiliki kreativitas tinggi. Untuk saat ini, seni kayu ukiran gasing memang tergolong musiman untuk dikerjakan, namun dengan perkembangan yang semakin modern. Gasing ini banyak yang terbuat dari besi dan bagaimana cara pakainya. Pasti kalian belum tahu bukan. Simak selengkapnya.

 Jika musim “begasingan” tiba seperti sekarang ini. Mereka bisa meraup keuntungan yang sangat besar per harinya hingga jutaan.  Siapapun yang berkunjung ke lokasi ini, mereka akan langsung dimanjakan dengan teknik-teknik yang ditunjukkan oleh para tangan pengukir yang memiliki kreativitas tinggi.  Segala macam model, jenis gasing yang diinginkan pemesan akan mampu disuguhkan oleh mereka yang mampu menaklukkan kaum bermodal dengan kreativitas yang dimilikinya. Gasing yng terbuat dari kayu, namn bukan semua kayu yang bisa dijadikan gasing, tapi ada beberapa kayu di antaranya kayu asam dan kayu duri, dan supaya lebih unik gasing ditambahkan besi dipinggir pinggir.

Ada juga gasing modern yang disebut beyblade. Bahannya dari plastik, dilengkapi magnet sebagai pemancing gerakan. Untuk memutar kencang, digunakan alat pelontar atau plastik bergerigi yang dimasukkan ke dalam lubang. Plastik tersebut berfungsi sebagai pemutar roda gerigi yang terpasang di poros beyblade

Gansing yang unik ini selalu mengedepankan rasa saling menghormati dan rasa kebersamaan yang cukup kuat serta utuh dalam melaksanakan suatu tujuan dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yangmenjadi kebanggaan jati diri. Permainan ini biasanya dilakukan oleh semua kelompok umur dan jumlah pemain tergantung kesepakatan kedua belah pihak di lapangan.

Gasing yang besar namanya pemantok, khusus dipakai memukul. Gasing yang kecil dinamai pengorong atau pelepas, khusus untuk diputar atau dipasang untuk segera dipukul.

 

Baca Juga :


Mendengar permainan gasing, pasti akan tertuju ke anak anak. Karena yang kita tahu permaianan gansing dilakukan oleh anak anak. Akan tapi berbeda dengan yang di Lombok Timur. Permaian gasing di lakukan oleh orang dewasa, namun memiliki tipe tipe gasing. Gasing yang kecil dimainkan oleh anak keci dan gasing yang besar di mainkan oleh orang dewasa.

Cara memainkan gasing, tidaklah sulit. Yang penting, pemain gasing tidak boleh ragu-ragu saat melempar gasing ke tanah. Gasing di pegang di tangan kiri, sedangkan tangan kanan memegang tali. Kemudian lilitkan tali pada gasing, mulai dari bagian paksi sampai bagian badan gasing. lilit kuat sambil berputar.

Pada zaman sekarang ini, permainan gasing sudah jarang kita temukan, terlebih lebih lebih perlombaan perlombaan, pestival pestival. Padahal permainan ini merupakan peninggalan zaman kerajaan Pulau Lombok. Harapannya kepada pemerintah daerah untuk melestarikan permainan ini. []

 



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan