logoblog

Cari

Buin Lajenre, Wisata Budaya Desa Padesa

Buin Lajenre, Wisata Budaya Desa Padesa

KM Gempar. Sejarah dari zaman kerajaan Sumbawa, Masyarakat Sumbawa sudah tidak asing lagi jika mendengar kisah Putri LaJenre yang kental melengkapi

Wisata Sejarah

KM. Gempar
Oleh KM. Gempar
27 September, 2017 03:40:19
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 19771 Kali

KM Gempar. Sejarah dari zaman kerajaan Sumbawa, Masyarakat Sumbawa sudah tidak asing lagi jika mendengar kisah Putri LaJenre yang kental melengkapi cerita Masyarakat Kecamatan Lantung terkhusus di Desa Padesa. Kisah Putri dari kerajaan Sumbawa ini pernah dipentaskan di Taman Mini Indonesia Indah.

Di Desa Padesa terdapat sebuah Sumur diatas batu tepatnya ditengah kali  yang letaknya 20 Meter dari perkampungan. Sumur tersebut merupakan sumur tempat dimandikannya Putri Lajenre oleh para dayang. Putri Lajenre yang pada zaman kerajaan dahulu diasingkan ke Desa Padesa karena menolak untuk dijodohkan. Putri Lajenre dalam masa pengasingannya di kawal oleh seorang panglima kerajaan yang terkenal tangguh yaitu Taloma Kuasa.

Singkatnya dari kisah tersebut Taloma Kuasa yang ternyata menjalin hubungan asmara dengan putri lajenre tidak direstui oleh Raja dan Raja mengutus prajurit untuk membunuh Taloma Kuasa panglimanya sendiri dan Dari semua prajurit yang diutus oleh raja dikalahkan oleh Taloma Kuasa. Dari kejadian tersebut, Taloma Kuasa berfikir selama Dia Hidup maka Putri Lajenre tidak akan aman dari prajurit Kerajaan hingga Taloma Kuasa memutuskan untuk menyembelih dirinya sendiri di kali yang sama dekat dengan lokasi Buin Lajenre tersebut yang hingga kini masyarakat setempat menyebutnya Tiu Taloma Kuasa.

Hingga Saat ini Masyarakat Kecamatan Lantung maupun dari daerah lain percaya bahwa Buin Lajenre dan Tiu Taloma Kuasa tersebut tempat Nazar untuk meminta dikaruniai anak kepada Yang Maha Kuasa. Setelah Masyarakat yang datang dengan niat meminta keturunan, jika pada tahun berikutnya dikaruniai seorang anak maka bagi masyarakat tersebut wajib membayar nazar sesuai dengan janji yang pernah diucapkan pada saat datang untuk meminta Nazar.

 

Baca Juga :


Masyarakat yang ingin mengetahui tentang Buin Lajenre atau menjadi pelaku langsung ketika ada prosesi Bayar Nazar, maka Masyarakat siap detemani oleh juru kunci yang dimana Juru Kunci tersebut juga berasal dari keturunan Putri Lanjenre. Untuk para wisatawan lokal maupun asing jika berkunjung ke Wisata Lantung belum lengkap rasanya jika tidak menikmati kesyahduan Alam dan Budayanya Desa Padesa. ***RyanMuammar



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan