logoblog

Cari

Tutup Iklan

Wisata Ritual Adat Bayan 2018

Wisata Ritual Adat Bayan 2018

Wisata Ritual Adat Bayan yang kami kemas berdasarkan kesepakatan para tokoh dan pelaku adat. Ritual yang kami tawarkan saat ini hanya

Wisata Sejarah

Renadi
Oleh Renadi
04 Januari, 2018 21:57:22
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 1741 Kali

Wisata Ritual Adat Bayan yang kami kemas berdasarkan kesepakatan para tokoh dan pelaku adat. Ritual yang kami tawarkan saat ini hanya ada di Bayan yang memang masih tetap dilaksanakan oleh Masyarakat Adat Bayan sampai sekarang. Ritual yang dilakukan ada yang sudah terjadwal seperti Ritual Adat Gama, tetapi ada juga yang memang tidak bisa dijadwalkan karena tergantung dari kesiapan personal masyarakat Adat Bayan. Khusus untuk paket yang kami tawarkan dalam tulisan ini adalah yang jadwalnya pelaksanaannya sudah pasti.

Ritual Adat Gama

Ritual Adat Bayan ini diambil dari Kalender Adat (Wariga Sereat Adat Bayan) yang sudah disesuaikan dengan kalender masehi tahun 2018, jadi setiap ritual adat tiap tahunnya sudah pasti dan tidak ada keraguan sedikitpun, karena disusun oleh semua tokoh adat yang sudah berpengalaman dan tahu secara pasti sesuai dengan hitungan tahun dan bulan (telo' ton det telo' ulan)

Tanggal 04 Mei 2018, Ritual Roah Ulan (Rp. 500.000/Orang)

Ritual Roah Ulan merupakan prosei adat untuk membersihkan bulan dalam satu tahun, karena masyarakat adat mengenggap bahwa dalam tiap bulan mesti ada kesalahan yang dilakukan oleh setiap manusia, dan untuk menyambut datangnya bulan suci yaitu bulan puasa (ramdhan) kita harus siap dengan keadaan bersih, baik manusianya maupun bulan-bulan yang telah kita lewati.

Tanggal 18 Mei 2018, Ritual Sampet Jumat (Rp. 500.000/Orang)

Sampet Jumat adalah prosesi adat yang dilaksanakan di Kampu Karang Bajo untuk menutup semua ritual adat selama bulan puasa, baik di dalam Kampu maupun di rumah-rumah masyarakat. Yang boleh dilakukan hanya ritual untuk padi, kelahiran, dan kematian.

Tanggal 17-18 Juni 2018, Lebaran Idul Fitri (Lebaran Tinggi) Rp. 750.000/Orang

Lebaran Tinggi merupakan prosesi yang dilakukan oleh masyarakat adat untuk memeriahkan kemenangan karena telah melakukan puasa selama satu bulan penuh, dan ritual ini pada puncak acaranya dilakukan di Masjid Kuno Bayan.

Tanggal 25 Juni 2018, Lebaran Ketupat (Rp. 500.000/Orang)

Lebaran Ketupat dilaksanakan juga oleh masyarakat adat, yaitu seminggu setelah lebaran tinggi (idul fitri).

 

Baca Juga :


Tanggal 24-25 Agustus 2018, Lebaran Haji (Lebaran Pendek) Rp. 750.000/Orang

Seperti halnya pada masyarakat Islam umumnya melaksanakan Hari Raya Idul Adha, begitu juga dengan masyarakat adat, tetapi harinya yang berbeda. Lebaran Haji atau masyarakat adat menyebutnya dengan Lebaran Pendek ini dilaksanakan di Masjid Kuno pada puncak acaranya.

Tanggal 24 September 2018, Bubur Petak (Putih) Rp. 500.000/Orang

Bubur Petak (putih) adalah ritual pembuatan bubur yang berwarna putih, acara ini dilaksnakan di areal Kampu Karang Bajo

Tanggal 22 Oktober 2018, Bubur Abang (Merah) Rp. 500.000/Orang

Ritual pembuatan Bubur Abang (merah) yaitu suatu ritual adat yang dilaksnakan oleh komunitas adat Bayan.

Tanggal 23-24 November 2018, Maulid Nabi (Mulud Adat)/Rp. 950.000/Orang

Maulid Nabi (mulud adat) dilaksnakan selama 2 hari, hari pertama tanggal 23 yaitu hari persiapan, dan tanggal 24 adalah puncak acara. Ritual ini dilakukan untuk memperingati Nabi Besar Muhammad SAW. Pada Mulud Adat ini, yang terlibat adalah 4 kepembekelan, yaitu Karang Bajo, Bayan Timur (Timuk Orong), Bayan Barat (Bat Orong), dan Loloan.


Akomodasi :
1. Penginapan Rumah Adat
2. Konsumsi Selama di Lokasi (Makan, Minum, Kopi/Teh & Snek)
3. Pakaian Ganti Selama Mengikuti Ritual
4. Guide Local
5. Dokumentasi



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan