logoblog

Cari

Tutup Iklan

Paket Wisata Adat Bayan "Ritual Roah Ulan" 2018

Paket Wisata Adat Bayan

Ritual Roah Ulan merupakan prosei adat untuk membersihkan bulan dalam satu tahun, karena masyarakat adat mengenggap bahwa dalam tiap bulan mesti

Wisata Sejarah

Renadi
Oleh Renadi
05 Januari, 2018 11:30:24
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 2637 Kali

Ritual Roah Ulan merupakan prosesi adat untuk membersihkan bulan dalam satu tahun, karena masyarakat adat mengenggap bahwa dalam tiap bulan mesti ada kesalahan yang dilakukan oleh setiap manusia dan untuk menyambut datangnya bulan suci yaitu bulan puasa (ramdhan) kita harus siap dengan keadaan bersih, baik manusianya maupun bulan-bulan yang telah kita lewati.

Pada Ritual Roah Ulan, Masyarakat akan datang sendiri ke Kampung Karang Bajo, Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan – Lombok Utara untuk ikut serta dalam ritual tersebut bersama para tokoh adat (Pemangku) dan tokoh agama (Kyai Adat).

Bagi Anda yang ingin menyaksikan atau terlibat langsung dalam acara Roah Ulan, yang dilaksanakan oleh Komunitas Adat Kepembekelan Karang Bajo-Bayan. maka kami menawarkan pada Anda Paket Wisata Budaya untuk acara Roah Ulan sebesar Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) / Orang.

 

Baca Juga :


  1. Hari kamis sore sekitar jam 16.00 Wita, tanggal 03 Mei 2018 Anda tiba di Balai Pusaka Sebaya Tanta, Karang Bajo, Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Lombok Utara-NTB. Di Sebaya Tanta akan ada sedikit acara penyambutan dan penjelasan sedikit tantang Kampung Adat Karang Bajo serta sekilas tentang pelaksanaan Ritual Roah Ulan  secara adat. Baru setelah itu Anda kami bawa kelokasi penginapan Rumah Adat yang ada disekitar Sebaya Tanta dan juga dekat lokasi Ritual Adatnya. Sekitar jam 18.00 – 19.00 Anda  menikmati makan malam dengan menu khas Masyarakat Adat di berugak saka enam yang merupakan ciri khas tempat penerimaan tamu dan juga sebagai tempat makan bersama pada puncak acara Masyarakat Adat Bayan, setelah makan malam dan mengganti busana dengan pakaian adat, maka kita langsung ketempat lokasi ritualnya untuk melihat bagaimana persiapan dari Ritual Roah Ulan Adat.
  2. Hari kedua yaitu jumat pagi, tanggal 04 Mei 2018 kita kembali kelokasi setelah sarapan dan dengan pakaian adat, karena itu harus kita lakukan untuk bisa terlibat dalam acara. Untuk makan siang akan dihidangkan menu acara ritual. Sore hari maka Anda bisa melanjutkan agenda lain atau melanjutkan perjalanan.
  3. Akomodasi :
    1. Penginapan Rumah Adat
    2. Konsumsi Selama di Lokasi (Makan, Minum, Kopi/Teh & Snek)
    3. Pakaian Ganti Selama Mengikuti Ritual
    4. Guide Local
    5. Dokumentasi



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan