logoblog

Cari

Tutup Iklan

Even Tradisi Bebubus Batu 2018

Even Tradisi Bebubus Batu 2018

KM. Sukamulia – Apa kabar kawan ngtrip ? kali ini kami mengajak kawan ngtrip untuk mengambil bagian pada Even Wisata Tahunan

Wisata Sejarah

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
11 Januari, 2018 21:08:07
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 390 Kali

KM. Sukamulia – Apa kabar kawan ngtrip ? kali ini kami mengajak kawan ngtrip untuk mengambil bagian pada Even Wisata Tahunan Masyarakat Desa Sapit Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. denger-denger, di Sapit ada acara adat yang disebut dengan Tradisi Buda Bebubus Batu. Ach… saya rasa sebagain besar kawan ngtrip belum pernah mengikuti prosesi ritual yang katanya sangat unik ini. Nahhh, untuk itu, jika kawan ngtrip pada penasaran maka berkunjunglah ke Desa Sapit untuk menyaksikan dan ikut ambil bagian pada even budaya lokal tersebut.

Menurut keterangan saudara Jannatan (Pengurus Pokdarwis Langgar Pusaka Desa Sapit) via Grup WA Forum Pokdarwis Lotim, budaya Bebubus Batu adalah acara yang diritualkan dua kali dalam setahun oleh masyarakat Desa Sapit Kecamatan Suela, yakni pada musim tanam dan pada musim pasca panen hasil pertanian. Untuk perayaan musim panen tahun ini akan dilaksanak pada tanggal 31 Januari 2018. Pada kegiatan ini akan dilaksanakan prosesi mengambil bubus di Makam Bubus Batu Dusun Batu Pandang Desa Sapit. Dalam Sejarah Muatan Lokal, Batu Bubus disebut sebagai peninggalan peradaban Hindu-Budha sejak abad ke IX M.

Ritual Bubus Batu pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan mulai pada hari Selasa tanggal 30 Januari 2018 dan acara puncaknya akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2018. Rangkaian acara yang akan dilaksanakan sebagai prosesi Ritual Buda Bebubus Batu adalah Tabuh Gamelan, Prisean, Begambusan,  Bazar Kerajinan Lokal serta Pameran Benda Situs Sejarah Hidu, Budha dan Islam. Keren kan kawan.

Even tahunan masyarakat Desa Sapit ini diselenggarakan oleh Pokdarwis Langgar Pusaka Desa Sapit dan dan Karang Taruna Desa Sapit. Perlu deiketahui bahwa acara Bubus Batu pernah mewakili Wisata Lombok Timur pada Festival di Provinsi pada tahun 2001 dan mendapatkan Juara III. Weisss, keren banget kawan.

 

Baca Juga :


Rasanya sangat rugi loch jika even tahunan yang unik ini kita lewatkan. Untuk itu, segera agendakan perjalanan wisata anda untuk meramaikan even ini. Terimakasih dan Salam dari Kampung.

_By. Asri The Gila_



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan