logoblog

Cari

Tutup Iklan

Paket Wisata 10 Muharam di Tahun 2018

Paket Wisata 10 Muharam di Tahun 2018

Bayan yang merupakan jalur penyebaran Islam di pulau Lombok memiliki ke khasan tersendiri, saat ini dikenal dengan komunitas Adat Wetu Telu.

Wisata Sejarah

Renadi
Oleh Renadi
16 Januari, 2018 19:07:17
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 3991 Kali

Bayan yang merupakan jalur penyebaran Islam di pulau Lombok memiliki ke khasan tersendiri, saat ini dikenal dengan komunitas Adat Wetu Telu. Terdapat banyak ritual yang dilaksanakan setiap tahun, salah satunya adalah ritual “Bubur Petak” di tanggal 10 Muharam.

Hitungan kalender yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan ritual oleh Masyarakat Bayan memiliki cara tersendiri, dan jika dibandingkan dengan kalender Hijiriah memiliki selisih 3 atau 4 hari, dan selalu mundur atau lebih belakang menurut hitungan Masyarakat Bayan.

Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan, sehingga bulan ini disebut bulan Allah (syahrullah). Beribadah pada bulan haram pahalanya dilipatgandakan dan bermaksiat di bulan ini dosanya dilipatgandakan pula. Pada bulan ini tepatnya pada tanggal 10 Muharram Allah menyelamatkan nabi Musa as dan Bani Israil dari kejaran Firaun. Mereka memuliakannya dengan berpuasa. Kemudian Rasulullah saw. menetapkan puasa pada tanggal 10 Muharram sebagai kesyukuran atas pertolongan Allah. Masyarakat Jahiliyah sebelumnya juga berpuasa. Puasa 10 Muharram tadinya hukumnya wajib, kemudian berubah menjadi sunnah setelah turun kewajiban puasa Ramadhan. (Sumber: https://www.dakwatuna.com/2011/12/02/17012/bulan-muharram-keutamaan-legenda-mitos-dan-bidah-di-dalamnya/#ixzz54GCibAQu)

Sejarah yang ada di Bayan yang menyebabkan perbedaan hari tetapi dengan penyebutan tanggal yang sama tentunya ini akan memberikan rasa penasaran yang begitu besar. Bagi anda yang ingin mengetahui sejarahnya tentu harus berdiskusi atau mengunjungi secara langsung komunitas tersebut, bahkan Anda bisa menyaksikan ritual yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharam menurut Wariga Sereat Adat Bayan (Kalender Bayan), yang pada tahun 2018 ini jatuh pada tanggal 24 September. Berikut Kami siapkan Paket Wisatanya.

  1. Hari Minggu, 23 September 2018 Anda tiba di Sebaya Tanta Karang Bajo - Bayan. Kami menceritakan sekilas tentang ritual Bubur Petak. Setelah itu kami akan membawa Anda ke lokasi penginapan Rumah Adat Bayan dan menyiapkan pakaian ganti (pakaian adat) dan langsung kita kelokasi untuk melihat bagaimana acara persiapan yang dilakukan dalam acara Bubur Petak. Acara persiapan ini akan berakhir sekitar jam 22.00 Wita, sehingga kita akan makan malam dilokasi. Setelah acara selesai dihari pertama Anda bisa istirahat di Penginapan yang lokasi sangat dekat dengan tempat ritual adatnya.
  2. Hari yang kedua, yaitu senin, 24 September 2018, kami akan membawa Anda kembali kelokasi setelah sarapan. Dilokasi akan menikmati snek selama satu kali dan makan siang. Puncak acara Bubur Petak ini biasanya akan berakhir sekitar jam 17.00 wita. Baru setelah itu Anda bisa meninggalkan lokasi untuk melanjutkan agenda yang lain.

Akomodasi

1. Air mineral Selama dilokasi

2. Penginapan (Rumah Adat Bayan)

3. Tiket masuk objek wisata

 

Baca Juga :


4. Guide Local

5. Dokumentasi

6. Makan 3 kali (hari pertama 1 kali, hari kedua 2 kali)

7. Pakaian ganti (Baju Adat) untuk ikut ritual

Biaya Paket Wisata Budaya untuk Ritual 10 Muharam (Bubur Petak) yaitu Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupian) per-Orang



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan