logoblog

Cari

Tutup Iklan

Nisa Rate Dan Jejak Manuru Kempo

Nisa Rate Dan Jejak Manuru Kempo

Pada wilayah pantai kecamatan Kempo, kabupaten Dompu. Terdapat satu pulau kecil yang terletak di sebelah timur pelabuhan Kempo. Jaraknya hanya sekitar

Wisata Sejarah

Fahrurizki
Oleh Fahrurizki
22 Februari, 2018 19:26:41
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 15912 Kali

Pada wilayah pantai kecamatan Kempo, kabupaten Dompu. Terdapat satu pulau kecil yang terletak di sebelah timur pelabuhan Kempo. Jaraknya hanya sekitar 200 meter lebih. Untuk menuju pulau Nisa Rate, kita bisa menyewa perahun mesin para nelayan Desa Soro dengan tarif kurang lebih 15 ribu perorang. Menyebrang dari pelabuhan Kempo atau dari Desa Soro bisa memakan waktu hanya 10 menit saja.

Setelah tiba di Nisa Rate pantai yang jernih di bagian barat pulau sangat mempesona, disini kita bisa berenang sambil menyaksikan aktifitas nelayan yang memancing sekitar pulau. Tak hanya menikmati keindahan pantai tapi kita juga bisa bermain di padang ilalang yang terbentang diatas pulau Nisa Rate. Juga kita bis menyaksikan seluruh view teluk saleh dari atas mercusur, namun diharapkan hati-hati untuk menaiki mercusuar tanpa ijin dari pihak yang berwenang.

Sebelah utara pulau Nisa Rate terdapat hutan mangrove, dimana beberapa sepsis burung yang tersebar di Teluk Saleh hinggap yang bisa kita lihat dari atas bukit. Semua sangat menarik diving atau memancing beserta berenang bisa kita nikmati di teluk indah nan mungil ini. Tak hanya mengenai view indah juga jejak sejarah kesultanan Dompu terdapat di teluk ini.

Pada tahun 1784 masehi perang perebutan wilayah terjadi terus menerus antara Pekat, Tambora dan Dompu. Ketika itu Kesultanan Dompu dipimpin oleh Sultan Abdurrahman. Perang terjadi di lepas pantai Kempo antara Tambora dan Dompu, perang terjadi dengan sengitnya pada kedua belah pihak.

 

Baca Juga :


Dalam medan pertempuran seorang panglima kerajaan Tambora melihat Sultan Abdurahman yang sedang berjibaku dengan prajurit Tambora, lalu Panglima tersebut mengajaknya duel hingga membunuh Sultan Abdurrahman yang tertikam oleh keris ksatria tersebut. Untuk mengenang Sultan Abdurrahman beliau diberi gelar anumerta Manuru Kempo artinya yang meninggal di Kempo.

  1. pesona keindahan di teluk Saleh bukan hanya alamnya namun juga sejarah yang sangat menarik. Selepas menjelang sore lembayung di ufuk barat teluk Saleh mulai memerah, kemudian senja yang warna keemasan memukau mata untuk terus berlama diatas Nisa Rate, dalam bahasa lokal mbojo Nisa berarti pulau namun dalam bahasa arab Nisa artinya seorang perempuan, namun bisa dikatakan Nisa Rate ibarat seorang perempuan yang memukau mata.



 
Fahrurizki

Fahrurizki

Traveller Kampung, Writer Traveller , My Blog www.fahrurizki19.wordpress.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan