logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jelajah Budaya NTB di Dalam Loka

Jelajah Budaya NTB di Dalam Loka

Dalam rangka turut menyemarakkan festival pesona tambora 2018, Dinas pariwisata Provinsi NTB dan Dinas, Pariwisata Sumbawa bekerjasama dengan Kompas group-selaku event

Wisata Sejarah

Randal Patisamba
Oleh Randal Patisamba
08 April, 2018 21:07:16
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 11866 Kali

Dalam rangka turut menyemarakkan festival pesona tambora 2018, Dinas pariwisata Provinsi NTB dan Dinas, Pariwisata Sumbawa bekerjasama dengan Kompas group-selaku event organizer Festival Pesona Tambora mengadakan acara bertajuk Semalam di Dalam Loka. Agenda acara berupa pementasan kesenian tradisional, dialog pariwisata dan pameran koleksi Museum Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sekitar 70 benda koleksi Museum Provinsi Nusa Tenggara Barat di pamerkan diIstana Dalam Loka Sumbawa. Benda-benda tersebut merupakan warisan alam dan budaya merepresentasikan peradaban, hasil karya cipta dan nilai-nilai sosialmasyarakat suku Sasak, Samawa dan Mbojo yang bisa kita jadikan sumber sejarah dan wawasan ilmu pengetahuan.

Menikmati benda-benda tersebut kita diajak untuk mengenal dan memahami bahasa dan aksara, sistem perekonomian masyarakat, kesenian sebagai media hiburan, kreasi dan informasi, upacara adat sebagai wujud kearifan lokal dalam menanamkan nilai-nilai sosial dan budaya serta pola kehidupan masyarakat kita di pelosok kampung SASAMBO tempo dulu.

Gelaran Semalam Di Dalam Loka salah satunya dihajatkan untuk lebih memperkenalkan Dalam Loka sebagai salah satu ikon dan destinasi pariwisata Sumbawa. Istana yang di bangun dari kayu jati tahun 1885 pada masapemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III ini memiliki arsitektur dan ornamen begitu detail dan unik, bagian-bagiannya merepresentasikan simbol ajaran islam. 99 tiang bangunan mewakili simbol Asmaul Husna.

Menurut Lalu Muhammad Faosal-Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, event Semalam Di Dalam Loka telah menjadi salah satu branding jualan pariwisata Sumbawa.

 

Baca Juga :


“Event ini menjadi spesial malam ini karena Semalam Di Dalam Loka saat ini telah menjadi salah saru branding jualan destinasi wisata yang ada di tengah kota Sumbawa Besar. Seperti diketahui Sumbawa memiliki banyak potensi destinasi yang sangat layak di jual”.

Masih menurut beliau, membangun pariwisata bukan hal yang mudah, Lombok danSumbawa harus memiliki persepsi yang sama, sinergi yang kuat serta keseriusan para stakeholder pariwisata di Sumbawa. Apalagi destinasi Sumbawa sudah ada yang terkenal, ini dibuktikan saat beliau mengikuti pameran ITB di Berlin dimana potensi wisata Pulau Moyo turut diperkenalkan pada event tersebut.

Event Semalam Di Dalam Loka bisa dijadikan momentum untuk menjdi jualan pariwisata Sumbawa agar lebih dikenal tentunya dikemas semenarik mungkin bagi wisatawan. ()



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan