logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jinak-jinak Merpati Pantai Ampenan

Jinak-jinak Merpati Pantai Ampenan

Ada banyak tempat bersejarah menjadi tempat berwisata, salah satunya adalah Pantai Ampenan yang terdapat di Pulau Lombok. Pantai Ampenan banyak menyimpan

Wisata Sejarah

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
21 April, 2018 17:00:37
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 10268 Kali

Ada banyak tempat bersejarah menjadi tempat berwisata, salah satunya adalah Pantai Ampenan yang terdapat di Pulau Lombok. Pantai Ampenan banyak menyimpan kenangan di zaman dulu. Puing-puing yang berupa tiang besi berdiri kokoh di tepi pantai adalah bukti autentik atas keberadaan bekas pelabuhan yang dibangun oleh orang Belanda pada tahun 1942. Suatu terjemahan sejarah bahwa di tempat ini pernah ada pelabuhan tersibuk di Pulau Lombok pada tahun 1948-1970-an, bahkan mampu menghidupkan hubungan perdagangan Lombok dengan daerah lain, seperti Makassar, Kalimantan, Bali dan lain-lain. Namun karena arus gelombang yang kuat di selat Lombok menjadi kendala bagi kapal-kapal besar untuk memasuki kawasan pantai ini, akhirnya peran pelabuahan Ampenan dialih-fungsikkan ke Lembar Lombok Barat. Kini, bekas pelabuhan yang mencetak nilai sejarah ini telah beralih fungsi menjadi kawasan wisata. Kawasan wisata yang tiap sorenya ramai dikunjmungi oleh pengunjung atau wisatwan ini lebih dikenal sebagai Pantai Ampenan.

Pantai indah yang terletak di Jalan Pabean Kota Tua Ampenan Mataram menjadi salah satu idola bagi kaula muda di waktu sore. Pantai ini pun akhirnya mendapat perhatian khusus dari pemeritah setempat. Penataan jalan trotoar yang membentang di sepanjang pesisir pantai telah terbangun rapi. Lokasi para pedagang makanan dan minuman telah diatur dengan mengikuti ruas jalan trotoar.

Dalam pengembangannya, pihak pengelola wisata yang bekerja sama dengan pihak pemerintah mempersembahkan sebuah bangunan unik nan indah di atas puing-puing bekas dermaga yang dibangun pada zaman dulu. Bangunan unik tersebut menyerupai sebuah perahu layar yang sedang melaju di atas gelombang air laut. Bangunan indah yang bertengger di atas air laut ini memberi makna tentang betapa hebatnya orang-orang dulu menyeberang di atas laut lepas dan hanya mengandalkan layar perahu tanpa mesin. Demikian juga para pelaut ulung, mereka memiliki sikap keberanian untuk mencari penghidupan di dalam rahim laut dengan hanya mengandalkan perahu layar.

 

Baca Juga :


Pengembangan lain terhadap Pantai Ampenan adalah terbangunnya spot pandang berupa tangga kayu yang melingkar ke atas pada areal kawasan pantai ini. Namun bila kita menjelajah pada areal taman pantai ini, kita pun dapat bercengkerama dengan komunitas hewan piaraan berupa burung merpati yang tampak cantik. Burung-burng merpati yang ada di di areal taman pantai ini sungguh jinak. Namun bila kita ingin bercengkerama dengannya, sangat lebih bagus jika kita memberikan makanan berupa biji jagung yang telah disiapkan oleh petugas taman ini. “Burung-burung merpati yang ada di kawasan pantai ini adalah sumbangan dari Wakil Wali Kota Mataram, H. MOHAN ROLISKANA, S.Sos., MH. “ ungkap Petugas Taman Pantai Ampenan di saat sedang bercengkerama dengan burung-burung yang jinak itu. Menurut petugas taman tersebut bahwa burung-burung merpati ini diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Wali Kota Mataram pada dua tahun lalu, agar kawasan Pantai Ampenan semakin ramai dikunjungi oleh orang-orang.