logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tempat Bersejarah dan Misterius di Sekotong.

Tempat Bersejarah dan Misterius di Sekotong.

TEMPAT-TEMPAT MISTERIUS DI SEKOTONG. Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat banyak menyimpan tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah,unik dan juga misterius.

Wisata Sejarah

KIM SEKOTONG TENGAH
Oleh KIM SEKOTONG TENGAH
21 Juli, 2018 10:17:25
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 3332 Kali

Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat banyak menyimpan tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah,unik dan juga misterius.

Situs bersejarah dan misterius tersebut tersebar hampir di setiap desa di Kecamatan Sekotong.Berikut di antaranya :

GOA KELELAWAR.

Goa kelelawar ini terletak sekitar 1 km ke arah hulu sungai sengkunyit Dusun Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah.Lokasinya tersembunyi di antara tebing,jika diperhatikan dari jauh tidak terlihat bahwa disekitar daerah tersebut ada goa.Konon menurut para tetua di dusun telaga lebur ,goa ini  merupakan tempat persembunyian para gadis  di dusun setempat yang melarikan diri,karena takut di perkosa tentara jepang.
Suasana di sekeliling goa diliputi semak belukar,bebatuan cadas,lembab dan dingin.Ratusan kelelawar bergelantungan di langit langit goa,sementara di dalam goa  bersih dan luas.Diperkirakan luasnya dapat menampung 10 orang.
Disamping itu,kita akan menikmati indahnya pemandangan laut lembar, dari puncak goa kelelawar.

BATU GAJAH

Sekitar 30 meter dari goa kelelawar menuju ke hilir sungai,disini kita akan menyaksikan sebuah tebing batu yang cukup tinggi.Merupakan lokasi air terjun yang mengalir hanya pada musim penghujan,Air Terjun Batu Gajah.Di sebut batu gajah,sebab jika diperhatikan,bentuk batu tersebut mirip gajah yang sedang duduk,lengkap dengan kaki dan belalainya.Diatas tebing batu gajah terdapat pohon kamboja.

Pada zaman dahulu,batu gajah merupakan sebuah"Pedewaq", yaitu tempat pemujaan penganut islam waktu telu yang berkembang di Dusun Telaga Lebur.Penduduk Dusun Telaga Lebur menurut para tetua,merupakan pendatang dari bayan.

BATU JARAN

Saat kita akan naik menuju bukit tempat goa kelelawar,terlebih dahulu kita akan melewati dan melihat sebuah batu yang mirip kuda dalam posisi sedang duduk.
Para penduduk setempat mempercayai,bahwa batu jaran dulunya di anggap angker.Menurut warga,konon ada warga pendatang yang tiba tiba tidak bisa berbicara"Pakoq" setelah mencuci pakaian di atas batu tersebut,juga sering terdengar suara ringkik kuda pada malam malam tertentu.Tidak heran, di sekitar lokasi sering ditemukan dupa dan sesajen,bekas orang bertapa.

KENDI ( BONG ) : DI ISI TIDAK BISA PENUH DI PAKAI TIDAK BISA HABIS.

Masih terdapat di Dusun Telaga lebur.Konon banyak para peziarah yang datang dari berbagai desa di pulau lombok.Para peziarah datang untuk berobat ataupun datang untuk menunaikan nazar atas terkabulnya hajatan mereka.

MAKAM MAJAPAHIT

Makam majapahit terletak di Dusun Lendang guar Desa Kedaro.Menurut warga setempat,makam ini memiliki batu nisan yang cukup besar dan tidak terlalu kuat tancapannya.Tetapi apabila di angkat atau berusaha di cabut,sekuat apapun orang,tidak akan mampu mencabutnya.Konon juga,makam ini selalu terlihat bersih,seperti ada yang membersihkannya.

MAKAM INAK BANGKOL DAN AMAK BANGKOL.

Makam ini terletak di Desa Buwun mas,berada di pinggir pantai laut selatan.Hanya orang-orang tertentu yang berkunjung di makam ini.

MERIAM BESAR PENINGGALAN ZAMAN JEPANG.

Sebagai salah satu bukti peninggalan sejarah,bahwa pasukan jepang pernah menjadikan sekotong sebagai pusat pertahanan.Terletak di Dusun Bangko-bangko Desa Batu putih.



 

 

Baca Juga :




 
KIM SEKOTONG TENGAH

KIM SEKOTONG TENGAH

Kim ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Desa Sekotong Tengah terbentuk sejak tahun 2017.Merupakan salah satu media untuk berbagi informasi yang di tulis oleh warga,dan untuk warga dan dari warga.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan