logoblog

Cari

Masjid Bayan Beleq, Pertama Di Lombok

Masjid Bayan Beleq, Pertama Di Lombok

Masjid Bayan Beleq adalah sebuah masjid waktu telu yang terletak di jalan labuan lombok,desa bayan,kecamatan Bayan,Kabupaten Lombok Utara,Nusa Tenggara Barat  atau

Wisata Sejarah

HAERUL UMAM
Oleh HAERUL UMAM
18 September, 2019 18:55:16
Wisata Sejarah
Komentar: 0
Dibaca: 1564 Kali

Masjid Bayan Beleq adalah sebuah masjid waktu telu yang terletak di jalan labuan lombok,desa bayan,kecamatan Bayan,Kabupaten Lombok Utara,Nusa Tenggara Barat  atau sekitar 80 km dari ibu provinsi NTB,yakni,mataram.masjid ini berdiri pada abad ke-17,yang berarti usianya telah lebih dari 300 tahun.Di dalam masjid ini terdapat (makam besar)salah seorang penyebar agama islam,yakni Gaus Abdul Rozak selain itu,di belakang kanan dan depan kiri Masjid terdapat dua gubuk kecil.Di dalam kedua gubuk ini,terdapat makam tokoh2 agama yang turut membngun masjid ini dari awal.

 

         Bayan merupakan tempat islam pertama kali masuk.Di kecamatan inilah ,islam pertama kali dikenalkan,dan masjid bayan beleq merupakan masjid yang pertama berdiri di pulau ini.bentuk masjid nya yang sederhana membuat masjid ini berbeda dengan masjid yang lainya.bangunan masjid ini memiliki  ukuran 9x9.dinding dindingnya rendah dan terbuat dari anayaaman bambu,atapnya berbentuk tumpang yang di susun dari bilah2 bambu,sedangkan fondasi lantainya terbuat dari batu2 kali,sementara itu,lantai masjid terbuat dari tanah liat yang telah di tutupi tikar buluh,di dalam masjid juga terdapat sebuah bedug dari kayu,yang di gantung di tiap atap masjid.

 

 

Baca Juga :


          Masjid bayan beleq tidak lagi digunakan oleh masyarakat sekitar,namun akan dipakai jika ada hari2 besar islam,seperti perayaan maulid nabi muhammad.pada perayaan acara ini masjid bayan beleq akan di penuhi oleh pengunjung yang ingin mengikuti proses upacara.pemgunjung di wajibkan mengikuti peraturan yang ada,seperti harus menggunakan baju adat sasaq seperti (dodot dan sapuq).

Kini masjid bayan beleq di jadikan sebagai tempat wisata bersejarah,yang sering dikenal dengan masjid kuno bayan,banyak juga wisatawan wisatawan yang dari luar pulau lombok,seperti Bali,surbaya,dll.namun masjid kuno bayan jarang di ketahui oleh kaum millenial,karena itulah pentingnya menggali peninggalan peninggalan sejarah,Salah satunya masji bayan beleq ini,maka dari itu pentingnya orang tua/sesepuh menceritakan kepada anak cucunya  tentang apa saja peninggalan peninggalan sejarah khususnya yang berada di pulau lombok ini.karena besok anak cucu kita tidak akan tau sejarah2 yang ada di pulau lombok ini.



 
HAERUL UMAM

HAERUL UMAM

Haerul umam, lahir di desa Dakung kec. Praya tengah. Kab. Lombok Tengah. Provinsi NTB.. Kuliah di UIN MATARAM jurusan KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) No HP/WA: 087879183533 "Menulis merupakan cara agar karya kita tidak di lupakan"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan