Taman Narmada Peninggalan Kerajaan Bali di Lombok

Membahas masalah obyek wisata yang berada di pulau lombok tidak cukup hanya dengan menulis dalam satu artikel. Dalam tulisan kali ini saya akan mencoba menampilkan obyek wisata peninggalan kerajaan Anak Agung yang berada di wilayah Lombok Barat bernama Taman Narmada.

Taman Narmada bisa di tempuh dari Kota Mataram dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit dengan Kendaraan Bermotor. Tempat rekreasi keluarga yang sangat nyaman. Taman Narmada merupakan peninggalan dari kerajaan Anak Agung Karang Asem ketika saat itu menguasai pulau Lombok bagian barat. Taman Narmada dibuat sebagai miniatur Gunung Rinjani, yang menurut kepercayaan orang-orang jaman dahulu merupakan sumber kekuatan dan tempat bertahtanya para dewa.

Taman  Narmada memiliki banyak kolam-kolam pemandian, yang digunakan sebagai tempat mandi dan berendamnya anggota keluarga istana. Corak Hindu sangat terlihat di sini, gapura-gapura khas Hindu Bali mulai nampak dari pintu-pintu masuk sampai bentuk bangunan-bangungan yang ada di dalamnya. Saat ini Taman Narmada sudah di buka sebagai tempat rekreasi umum, dan sering di pakai oleh para insan-insan seni untuk menyalurkan dan mencari inspirasi.

Bagi Anda yang berminat melakukan rekreasi wisata ke Taman Narmada, lakukan pada hari-hari libur, maka anda akan menemukan banyak pengunjung yang berdatangan, baik hanya sekedar duduk-duduk menikmati segarnya udara yang masih alami dan jernihnya air yang memang masih mengalir dari mata air. Ada juga yang datang untuk berendam dan berenang di kolam pemandian, dan tidak lupa bagi kaum muda mudi biasanya datang bersama pasangan dan menikmati nuansa alam Taman Narmada. Di Taman Narmada juga sudah disediakan area playing fox yang melintasi kolam besar.

Sebelum masuk area taman silahkan parkir kendaraan anda di tempat yang sudah di sediakan oleh petugas. Selanjutnya datangi loket pembelian tiket masuk. Di dalam area taman anda bisa menikmati bangunan-bangunan lama yang merupakan peninggalan dari kerajaan Anak Agung, jika sudah puas berkeliling anda juga bisa menengok pedagang cindera mata yang berada di jalur pintu keluar taman. [] - 05

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru