Situs Lengkoq Tiga Kemaliq

KM. MASBAGIK, Kemaliq, Desa Kesik, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Indonesia sangatlah  kaya dengan nilai historisnya dan peninggalan peninggalan bersejarahnya di semua daerah di Indonesia, dimulai dari bangunan-bangunan kuno, kitab-kitab kuno dan  lain sebagainya. Lebih khususnya yang ada di Lombok Timur sangat banyak peninggalan bersejarah baik berupa  situs, bangunan, tulisan, dan lain-lain. Seperti yang ada di Desa Kesik, dan masih banyak lagi di lokasi lain yang masih belum diketahui nilai historis dan asal usulnya.

Penelitian ini dilakukan oleh siswa-siswa kelas X SMK Al-Majidiyah NW Kesik yang tergabung dalam  EPS (Ekspedisi Pencinta Situs) yang di lakukan di Lengkoq Rejeng. Lengkoq adalah bahasa setempat dari telaga. Penelitian ini terdiri dari dua tahap penelusuran yaitu pada hari Minggu tanggal 24 Mei 2015 dan hari Senin tanggal 25 Mei 2015 dan hasil ekspedisi yang dilakukan untuk menemukan situs bersejarah di Desa Kesik berupa Lengkoq Rejeng yang sampai saat ini tidak ada yang tahu asal usulnya. Pada hari pertama ekspedisi dilakukan sekitar jam 03:57 WITA dengan jalan kaki dan sampai di lokasi Lengkoq Rejeng sekitar jam 04:29 WITA. Dan pada hari kedua sekitar jam 01:18 menit dan sampai di lokasi sekitar jam 01:42 menit.

Jika dilihat dari kondisi fisiknya benda bersejarah ini sudah ada yang rusak dan tertimbun lumpur dan faktor-faktor yang menyebabkan itu terjadi karena kurang terawatnya peninggalan ini sehingga membuat  situs bersejarah ini sebagian sudah rusak bahkan hilang. Jalan  menuju  lokasi Lengkoq Rejeng sudah bagus dengan melalui jalan setapak dan hanya bisa masuk sepeda motor saja karena lokasinya berada di tengah areal sawah yang dikelilingi semak-semak dan pohon-pohon. Lokasi tempat Lengkoq Rejeng ini sekarang telah di pagari oleh kayu.

Pemilik lengkoq ini bernama Papuq Gundak yang asalnya dari Dusun Dasan Baru Desa Kesik. Lengkoq yang masih bisa diteliti cuma masih ada tiga karena lengkoq yang lain sudah rusak karna tertimbun lumpur dan oleh letusan Gunung Samalas.  Dulunya Lengkoq Rejeng ini jumlahnya ada 9 tapi ada juga yang mengatakan jumlahnya ada 5. Keempat Lengkok  ini sudah tidak bisa ditemukan dan bahkan diperkirakan menghilang secara misterius. Tapi dua Lengkoq yang lainya hilang  /  rusak karna tertimbun oleh lumpur. Kini hanya menyisakan tinggal 3 lagi lengkoq karna itulah sering disebut Lengkoq Telu (Tiga) atau lebih di kenal oleh masyarakat dengan nama Lengkoq Rejeng karna lengkoq ini adanya di bebatuan-bebatuan keras. Bentuknya pun tidak sama ada yang bunder dan ada yang persigi.

   Ukuran lingkaran lengkoq pertama adalah 21 cm dengan kedalaman mencapai 24 cm. Lengkoq Kedua yang bentuknya persegi dengan ukuran panjang 29 cm dan lebar 20 cm dengan kedalamannya 26 cm. Lengkoq Ketiga memliki besar diameter lingkaran sekitar 29 cm dengan kedalaman sekitar 24 cm dan panjang diameter lingkaran lengkoq ke-4 adalah 18 cm dengan kedalaman 3 cm. Jarak antara lengkoq satu ke yang ke dua adalah 24 cm,dan dari lengkoq ke dua ke lengkoq ke tiga adalah 31 cm.Ukuran tempat lengkoq ini adalah 184 cm,dan 117 cm

Sampai saat ini belum ada yang mengetahui siapa yang telah membuat Lengkoq Rejeng ini karna menurut penuturan salah satu warga yaitu Papuq Ihan  (65 tahun) pada saat  zaman  penjajahan  Nipon (Jepang) lengkoq ini sudah ada. Beliau juga menambahkan lengkoq ini mempunyai hubungan dengan Makam Batu Bangka yang ada di Sakra. Lengkoq ini mempunyai tembusan juga ke Lengkoq Kemalik yang dahulunya di sering diadakan ritual gendang belek.

Lengkoq Kemalik sendiri sering digunakan untuk anak kecil yang sakit lalu pergi diobati ke lengkoq, lengkoq itu bisa untuk menyembuhkan penyakit seperti belum bisa berjalan, kesurupan dan lain-lain. Ada juga yang mengatakan kalau lengkoq ini dulunya pada zaman penjajahan sering di pakai oleh orang orang untuk membasahi / menyiram sekeliling wilayah Desa karena setelah terkena air lengkoq ini tidak akan terlihat oleh musuh atau penjajah atau bisa dikatakan menghilang. Hingga saat ini juga lengkoq ini masih dikatakan keramat oleh orang orang

Saat ini lengkoq ini masah berfungsi dan untuk lengkoq pertama yang letaknya di paling utara fungsinya adalah sebagai tempat air minum, lengkoq ke dua fungsinya sebagai tempat berobat, dan lengkoq ke tiga fungsinya sebagai tempat mandi namun kitiga tiganya bisa juga sebagai tempat berobat. [] - 01

By_Andre D’Jails

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru