Wadu Paa dan Benteng Asakota

KM TNC. Bima salah satu kota kecil sejuta pesona yang siap menyambut para pelancong yang siap berkunjung di daerah ini. Ya Bima mempunya banyak tempat wisata baik wisata budaya/sejarah, wisata kuliner maupun wisata jalan-jalan lainnya diantaranya yang tidak ketinggalan dan mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa wisata budaya/sejarah yang patut kita kunjungi yaitu Wadu Pa’a dan Benteng Asakota.

Wadu Pa’a berada dalam wilayah Kec Soromandi Kab Bima atau sebelah Barat Kelurahan Kolo Kec Asakota Kota Bima merupakan salah satu bukti sejarah peninggalan kerajaan Sriwijaya/Majapahit yang pernah singgah di Bima pada saat itu dan masih ada sampai saat ini, oleh masyarakat setempat dijadikan tempat wisata akhir pekan.

Untuk menempuh tempat tersebut bagi warga yang ada di Kota Bima dapat melalui laut dengan menggunakan perahu bot sekitar 30 menit dengan biaya 30 ribu selain itu bagi pecinta motor traler/motor/mobil bisa menempuh jalur darat melewati Sila,Pajo,Donggo,Soromandi sekitar lebih kurang 1 jam perjalanan sebaliknya.

Disana anda akan melihat langsung hasil ukiran para penyembah dewa siwa dan bentuk patung-patung yang terukir didinding tebing selain itu anda juga bisa menikmati air laut yang tenang dan sejuk sehingga membuat para pengunjung untuk tetap ingin berlama-lama ditempat tersebut.

Dijalur yang sama sebelum menuju Wisata Wadu Pa’a anda bisa singgah di Benteng Asakota tepatnya di Sowa Kec Soromandi Kab Bima, anda bisa melihat langsung benteng peninggalan kesultanan bima saat itu dan saat ini masih tersisa 1 buah meriam yang merupakan bukti sejarah dan sebagiannya tersimpan di Asi Mbojo, disebelah utara anda bisa melihat wilayah Kel Kolo dan sebelah Selatan anda bisa melihat Kota Bima, Pulau Kambing dan Pelabuhan Bima yang ramai dengan kapal-kapal bot maupun kapal para pemancing selain itu anda bisa menikmati sunrise maupun sunset.

Bagi anda yang ingin mencoba jelajah atau berkunjung di Bima anda tidak perlu ragu dan khawatir karena banyak para pecinta budaya, para touring maupun trevel yang siap mengantar dan berkeliling di Bima dan saya pastikan anda tidak akan rugi ataupun ingin cepat-cepat kembali karena dengan melihat/menikmati suasana Bima sejuta pesona. Alamsyah [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru