Pantai Indah Di Kota Tua

Pelabuhan Ampenan-Lombok di zaman dulu dikenal diberbagai negara. Hal ini terjadi karena pelabuhan ini merupakan akses untuk berlabuh dan berangkatnya para kapal melalui jalur laut. Akan tetapi, sejak adanya revitaliasi, kawasan yang berada di Kota Tua ini menjadi sebuah destinasi wisata dengan menonjolkan keindahan pantainya. Adapun pantai yang cukup ramai dibicarakan di kawasan ini adalah Pantai Ampenan.


Pantai Ampenan adalah salah satu nama pantai yang merujuk pada nama wilayahnya sendiri, yaitu Ampenan. Menurut warga sekitar, dulunya pantai ini sebagai pelabuhan yang menghubungkan Lombok Bali dan menjadi pusat perdagangan yang cukup ramai. Itulah sebanya pantai ini cukup dikenal oleh orang banyak.


Apabila kita menjelajah di seputaran pantai ini, sebuah bangunan kuno yang dapat kita temui di tempat ini, yang mana membuktikan kalau wilayah ini menyimpan sejarah tersendiri. Bahkan, di sepanjang jalan menuju ke pantai Ampenan, kita pun dapat bertemu dengan sejumlah bangunan tua dengan gaya arsitektur tua. Hal ini tentu menandakan kalau kota yang ada di kawasan pantai ini adalah kota tua.


Bila kita merujuk pada pantai yang lain, Pantai Ampenan juga memiliki viue utama yang berupa matahari tenggelam. Atraksi matahari tenggelam di pantai ini sangat indah dan memukau.


Pasir pantai juga menjadi daya tarik kepada pengunjung. Di atas pasir, para pengunjung dapat menjelajah di berbagai sudut-sudut keindahan pantai. Ombak di laut pun juga ikut mewarnai keindahan laut yang ada di depan mata.


Aktifitas para nelayan pun dapat dsaksikan di kawasan ini. Terlebih jika menjelang malam, sejumlah perahu nelayan berdatangan dan ingin bertepi. Namun jika anda beruntung, anda pun dapat menemukan sederet perahu yang beristirahat di atas pasir. Momen ini sangat tepat dipergunakan oleh pengunjung untuk berselvia ria di atas perahu ini.


Bagi anda yang berkunjung ke Pantai Ampenan ini, tak perlu kwatir untuk kekurangan makanan. Banyak sekali lapak-lapak yang menyediakan makanan dan minuman. Mulai dari aneka hidangan seafood hingga jajanan khas mataram. Anda tinggal memilih saja makanan yang sesuai dengan selera anda.

Suatu keunikan lain yang dapat disaksikan di kawasan pantai ampenan adalah suasana khas zaman Belanda yang berada di kota tua Ampenan. Peninggalan-peninggalan Balanda yang berupa bangunan sangat klasik dipandang mata. Anda pun juga dapat mengabadikannya atau berpose di depan bangunan tua yang megah ini.