Mengunjungi Makam Keramat Pantai Kuranji

Pantai Kuranji tidak hanya dikenal ramah terhadap pengunjung karena Air Birunya, Pepohonnya. gunungnya, dan keindahan pasirnya. Keindahan alam pantainya di lokasi wisata ini mejadi magnet tersendiri bagi pengunjung. Dilokasi wisata Kuranji ini juga pengunjung akan disuguhkan wisata religi, Makam Keramat yang setiap hari dikunjungi.

Bagi masyarakat kecamatan Labuapi umumnya lombok barat makam ini merupakan tempat yang suci karena dianggap sebagai makam para ulama tak jauh beda dengan makam para wali di tempat-tempat lain seperti Bintaro dan Loang Baloq.

Namun tak jauh dari makam  ini terdapat sebuah  musolla tempat zikir dan tahlilan dilaksanakan, tak hanya zikir dan tahlilan musolla  disinilah tempat biasanya aqikah dilaksanakan. Keberadaan makam di pesisir pantai ini sudah ada ratusan tahun yang lalu dan dimakam ini dipercaya sebagai tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa sekaligus syukuran. Makam keramat ini merupakan salah satu situs religi bersejarah yang dimiliki oleh lombok.

Khusus untuk Makam keramat dalam sejarah masyarakat setempat makam ini dipercaya merupakan tempat beristirahatnya salah satu ulama besar dimasa lalu namun tak jelas nama dan tempat kelahiran ulama tersebut.

Dari data dan fakta yang ada memang tak menyebutkan namanya namun keyakinan masyarakat sekitar juga diamini oleh masyarakat yang berada diluar daerah lombok barat sehingga tak mengherankan peziarah yang datng juga banyak dari luar pulau lombok dan dari luar kabupaten lombok barat.

Makam keramat ini, menurut masyarakat setempat sering melihat penampakan penampakan yang yang menakutkan. Penampakan sering keluar saat mau masuk isak dan setelah isak. Konon katanya juga, warga sering melihat penampangan para ulama ulama namun tidak diketahui asal usulnya. Allahuallam Bissawaf.

Bagi anda yang ingin mengunjungi makam ini. Anda bisa langsung menuju ke Pantai Kuranji ini. Pantai ini berada di desa Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Jika anda berada di kota mataram, sekitar 20 menit saja anda bisa nyampai ke pantai dan makam ini.

Awalnya saya ingin mencari kesenangan karena beberapa hari hanya memikirkan teori-teori. Akan tetapi saya ingin mencari kesenangan yang lebih unik dan menantang untuk di kunjungi. Dan Pantai kuranji inilah solusi yang tepat untuk menghilangkan stres. Pokoknya Tidak Membosankan berkunjung ke pantai ini , anda juga bisa memanjatkan do'a dan zikiran di Makam Wali ini.

Semoga informasi ini bisa membantu anda yang belum tau seperti appa Lombok. Karena Lombok memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dari pulau lain. jadi Banggalaah di Lombok. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru