Tambora Layak Masuk Unesco Global Geopark

KM TNC. Geopark atau taman bumi adalah sebuah kawasan dengan batasan yang sudah ditetapkan oleh UNESCO (Organisasi PBB untuk pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan), yang memiliki kawasan permukaan yang cukup luas untuk pembangunan ekonomi lokal berkelanjutan. Geopark Global harus terdiri atas sejumlah jejak geologi yang memiliki keindahan, kelangkaan, ataupun kepentingan ilmiah khusus. Geopark tidak hanya berhubungan dengan geologi tetapi juga ekologi, arkeologi, serta nilai sejarah ataupun budaya.

Dikutip dari akun Instagram Indonesiabaik.id, Sejak 16 April 2016 indonesia memiliki 4 dari 140 UNESCO Global Geopark di 38 negara diantaranya Batur (Kintamani, Bangli,,Bali) 2012 ditetapkan sebagai geopark network dan 2015 ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark, Gunung Sewu (wonosari, gunungkidul, Yogyakarta) 2015 ditetapkan sebagai global geopark network dan UNESCO global geopark, Ciletuh (pelabuhanratu, sukabumi) 2018 ditetapkan sebagai UNESCO global geopark, Rinjani Lombok (Mataram,Lombok) 2018 ditetapkan sebagai UNESCO global geopark.

Semoga ditahun akan datang Gunung Tambora sebagai salah satu gunung bersejarah yang merubah tatanan kehidupan masyarakat disekitarnya bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark Dunia. Gunung tertinggi di Pulau Sumbawa tersebut dilihat dari syarat batasan yang sudah ditetapkan oleh UNESCO, layak mendapat label Geopark Dunia. Alamsyah

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru